Sunday, October 29, 2017

Perbedaan antara quote dan sitasi (citation)

Saat kita menulis suatu karya, pasti kita membutuhkan informasi dari berbagai macam sumber. Informasi yang kita peroleh dari suatu sumber tersebut harus kita cantumkan asalnya dalam karya tulis kita. Kenapa? Jika tidak, maka karya kita akan disebut plagiat (kita pelaku plagiarisme), selain itu, ini merupakan bagian dari etika dalam kepenulisan. Orang udah capek2 nulis, hargai kek dikit. Dengan mengutip sumber dari tulisan kita, itu adalah upaya kita dalam menghargai karya orang lain.

Ngomong2 soal kutipan, ternyata ada dua setidaknya istilah mengenai kutipan, yaitu quote dan citation (sitasi). Dua-duanya juga adalah istilah dalam mengutip karya tulis orang. Tapi apa bedanya?


Sitasi (citation) adalah cara kita memberitahu pembaca bahwa bagian-bagian tertentu dari tulisan kita berasal dari sumber yang ditulis penulis lain. (Sumber: http://ardiansyah.tif.uad.ac.id)

Kutipan (quote) adalah suatu kalimat atau ucapan yang dianggap menarik yang berisikan ide, pendapat atau gagasan seseorang (Sumber: https://www.kanalinfo.web.id). Quote adalah suatu kalimat yang dianggap menarik, bermakna, bermanfaat sehingga sering dijadikan bahan acuan atau sumber untuk memperkuat, menambah, dan memperjelas tulisan (Sumber: https://www.lentera.my.id).


Pengertian ini mirip dengan sitasi kan? :)

Lalu apa perbedaan antara sitasi dan quote?

Setelah sekian waktu penelusuran informasi, ini yang saya dapat.

Sitasi, kita mengutip informasi atau kalimat dari suatu sumber, lalu kita tuangkan idenya menggunakan kalimat versi kita sendiri. Sitasi seringkali digunakan untuk karya tulis yang ilmiah (formal), fungsinya sendiri untuk menguatkan pendapat/ pendukung gagasan (Sumber: https://penerbitdeepublish.com) kita tentang karya tulis kita. Sitasi juga berguna untuk menghargai penulis atas tulisan yang kita rujuk (Sumber: https://penerbitdeepublish.com).

Sedangkan Quote umumnya diberi tanda petik (quotation marks) di depan kalimat dan di belakang kalimatnya, seperti ini: "... "

Aturan pentingnya, pengutip tidak diperbolehkan mengubah apapun rangkaian kata dari kalimat yang dikutip, walaupun terdapat kata yang salah dari kutipan tersebut. Jika kita hanya mengambil penggalan kalimat dari kutipan utuh, maka sisa kalimat kutipan bisa diganti dengan tanda titik tiga kali (...). Namun jika kata atau kalimat yang hilang itu ada di akhir kutipan, maka diganti dengan titik empat kali (... .) (Sumber: http://aldiunanto.com).
Berbeda halnya dengan quote, bisa digunakan baik untuk karya tulis formal maupun informal (Sumber: https://english.stackexchange.com).

Bagaimana cara menulis sitasi dan quote?
Sitasi karena digunakan untuk karya ilmiah/ formal, maka teknik penulisannya pun baku dan ada aturannya. Untuk tahu aturan-aturannya perlu kita buka artikel khusus lagi karena akan sangat panjang. Tapi kamu bisa gunakan aplikasi Microsoft Word dari Windows untuk mengotomatisasi teknik penulisannya. Dan berbagai style dari teknik penulisan  daftar pustaka hasil sitasi kamu bisa download di situs BibWord.

Ini contoh untuk membedakan antara sitasi dan quote saja ya. Untuk sitasi misalkan:
Nama penulis: Aditya Rakhmawan
Tahun: 2012

Jika di awal kalimat
Rakhmawan (2012) mengungkapkan bahwa kemampuan literasi sains ...

Jika di tengah kalimat
... sebagaimana yang diungkapkan oleh Rakhmawan (2012) bahwa literasi sains ...

Jika di akhir kalimat
... literasi sains siswa ternyata mengalami peningkatan (Rakhmawan, 2012).

Kalimat yang tertuang diantara nama akhir penulis dan tahun tersebut, merupakan redaksi kita sendiri, tapi sumber informasinya dari penulis yang kita sitasi.

Sedangkan quote, tidak ada aturan dalam penulisannya. Pada umumnya quote digunakan untuk mengutip ucapan seseorang. Akhirnya yang terpenting dalam penulisannya adalah kalimat yang di quote, dan orang yang kita quote. Itupun sudah cukup dalam menuliskan quote. Misalkan:
"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." - Louis L'Amour

Semoga bermanfaat

Referensi 
http://ardiansyah.tif.uad.ac.id/menulis-sitasi/
https://www.kanalinfo.web.id/2016/09/pengertian-kutipan-quote.html
https://www.lentera.my.id/post/pengertian-quote/
https://penerbitdeepublish.com/menulis-buku-membuat-sitasi-dengan-mudah/
http://aldiunanto.com/cara-penulisan-kutipan-yang-benar-di-penulisan-ilmiah.aldi
https://english.stackexchange.com/questions/58551/quoting-vs-citing
http://bibword.codeplex.com/releases/view/15852

Penulis: Aditya Rakhmawan
Serang, 29 Oktober 2017

No comments:

Post a Comment