Friday, December 29, 2017

Bangun Tidur Sering Telat, Ini Solusinya

Belajar dari pengalaman seorang teman di Batam, Kepulauan Riau, sebut saja Erik. Kesehariannya dalam olah raga sungguh sangat luar biasa. Ia mengatakan bahwa ia telah membiasakan diri berolah raga setiap hari. Setiap shubuh mulai dari jam 4 dini hari, ia selalu berangkat untuk lari pagi. Sekali larinya bisa berkisar sampai 1 jam! Bagi atlit sih itu hal biasa, tapi untuk sebagian orang, terutama yang aktivitasnya sudah sangat padat, atau setidaknya merasa sangat padat, jangankan olah raga, sekedar niat untuk olah raga pun seringkali sudah tidak sanggup. Lebay memang, tapi itu kenyataan dari kebanyakan orang yang seringkali mendapat predikat "sok sibuk".
Dari pengalaman Erik tentang kesehariannya ini, hampir setiap kita sadar betul pentingnya olah raga. Berkali-kali teori tentang olah raga seringkali kita dengar, tapi berkali-kali itu pula seringkali kita langgar. Aktivitas seharian kurang semangat, lesu, sering kali ngantuk, baru pegang buku sedikit seakan kelopak mata sedang pegang barbel, sedikit-sedikit nguap, jangan dulu ke penyakit jantung atau paru-paru, karena kita masih membicarakan remaja dan paruh baya, Bang! Hal itu adalah sebagian kecil dari efek kurangnya olah raga. Sebagian kita pasti sadar bahwa kita kurang olah raga, tapi sikap yang seringkali diperlihatkan malah berlawanan. Seakan-akan kita senang dengan keadaan kita yang selalu lesu dalam menghadapi hari-hari.
Memang butuh ketekunan dan kerja keras, sehingga dapat menghasilkan buah yang memuaskan. Mendengar cerita Erik ini, ia terbiasa tidur berkisar jam satu malam dan bangun lagi berkisar jam tiga dini hari. Waktu tidur yang hanya dua sampai tiga jam itu sudah sangat cukup bagi dirinya. Walaupun menurut sebagian besar kita, jumlah waktu tidur seperti itu sangatlah tidak cukup. Bangun tidur itu membutuhkan fisik yang kuat, oleh karena itu olah raga menjadi sangat penting untuk menjaga stamina seharian karena jam tidur yang kurang.
Namun bangun tidur juga selain membutuhkan fisik yang kuat, tapi juga membutuhkan kekuatan mental yang besar. Dimana keinginan kita untuk bangun tidur menjadi salah satu faktor penting kita bisa bangun lebih cepat. Keinginan itu pula lah yang mampu mendorong kita bisa menekuni olahraga setiap hari. (bersambung)
#bangun tidur #telat #motivasi
Written by: Aditya Rakhmawan

No comments:

Post a Comment