Friday, July 19, 2019

Meningkatkan kekuatan otak dengan meditasi

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh...

Pernah dengar tentang mindfulness? Atau teknisnya mindfulness meditation? Apa maksudnya, meditasi mindfulness, artinya meditasi yang bener-bener kepikiran bahwa sedang meditasi. Tidak memikirkan apapun, hanya memikirkan apa yang sedang dikerjakan, khususnya aliran nafas yang keluar masuk keluar masuk keluar masuk...

Lha... apa susahnya gigituan doank? Susah banget Gaes...

Terus apa memang manfaatnya? Banyak sekali, kalau kamu mau jadi manusia diatas rata-rata, coba deh meditasi... Baca terus yaaa..



Meditasi ini sebenarnya mulai diperkenalkan oleh para biksu Budha, kalau kamu suka nonton film kung fu.

Tujuannya? Agar pikiran kita bisa terkendali dan gak melayang kemana-mana gak jelas...

Kamu mungkin pernah, saat lagi mau mengerjakan tugas makalah depan laptop, kutak-ketik sana sini, klik sana klik sini... Tiba-tiba kamu baru sadar, lho, sudah tiga jam berlalu, tapi kenapa layar laptop jadi sampai di facebook, tengok ketikan, ternyata baru satu kalimat... Gubrak... +_+

Apa yang terjadi... Gak mikir dan gak kepikiran... Itulah, karena pikiran kita terus melayang-layang kesana-kemari, tanpa kita sadari...

Otak memang fitrahnya terus bereksplorasi tanpa henti... Tapi sangat berbahaya kalau kita tidak mengendalikannya atau tidak tahu apa yang sedang kita pikirkan. Kenapa bisa berbahaya, time will be very much wasted Gaes... Akan sangat banyak waktu kita yang terbuang.

Mungkin kamu juga sering ngalamin, rencana menyelesaikan makalah dalam waktu sehari (10 jam), tapi sampai jam 9 malam, kita baru nyadar bahwa waktu udah habis seharian tapi baru menyelesaikan cover doank wkwkwk... 😆

Otak ini ibaratnya monyet lucu dan lincah yang kita pelihara... Sukanya loncat kesana-kemari, kalau kita biarkan, maka kita yang rugi. Tapi kalau si monyet kita masukkan kandang, maka si monyet akan sedih dan kehilangan kreativitasnya. Solusinya, si monyet harus kita kasih tali, tapi tali nya panjang. Jadi kita akan selalu tahu dan sadar si monyet loncat-loncat kemana aja...

Fokus, itu kuncinya. Jangan percaya multitasking bisa mempercepat urusan, yang ada malah meningkatkan tingkat stress.. Dan konon katanya menurunkan kualitas otak.

Mindfulness melatih daya konsentrasi kita. Melatih tingkat kesadaran kita akan apa yang sedang kita lakukan...

Realnya gimana nih? Itulah yang kita lakukan dalam bentuk mindfulness meditation.

Dengan mindfulness meditation itu kita melatih daya fokus kita terhadap apa yang terjadi dan apa yang kita alami. Memang pikiran tetap akan melayang-layang saat melakukan meditasi ini, tapi biarkan pikiran melayang, namun tetap kita sadari melayang kemana pun si pikiran melayang. Dengan demikian, kreativitasnya tidak kita kekang, tapi kemana pun si otak pergi tetap kita awasi. Hal ini akan membuat si otak semakin lama semakin jinak tanpa menghilangkan daya kreativitasnya dan dapat lebih mengikuti apa yang kita inginkan.

Mekanismenya gini, saat menarik nafas sekali, lalu menghembuskannya, pertama-tama memang mudah, tapi lama kelamaan pikiran kita akan sulit kita kendalikan. Dalam kondisi ini, sadari kemana pergi nya pikiran, lalu kembalikan ke nafas lagi. Melayang lagi, biarkan sesaat, kembalikan lagi ke nafas dan begitu seterusnya. Lakukan meditasi seperti ini terus, maka lama-kelamaan kemana pun pikiran kita pergi kita akan tahu.

Lakukan meditasi seperti ini minimal 10 - 15 menit setiap hari, maka efek latihan ini akan terasa saat kita menjalani aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat mencoba yaaa... Mudah-mudahan hidup jadi lebih baik...

Tulisan berikutnya, akan saya ungkap aktivitas yang lebih dahsyat dari meditasi... 😉


Written by:
Aditya Rakhmawan
Serang, Banten
In search for self-improvement

No comments:

Post a Comment