Friday, April 17, 2020

Sister, Sinta, Publons, Web of Science, dan Scopus

Terus terang saya menulis judul itu sedikit kurang mengerti juga.
Semua judul tersebut adalah situs-situs yang berkaitan dengan publikasi ilmiah. Berikut saya berikan penjelasan singkat berikut dengan alamat website-nya.

1. Sinta
Sinta adalah situs yang memuat berbagai pakar dalam dunia publikasi.
Website nya: http://sinta.ristekbrin.go.id/
Disini kita bisa melihat siapa saja di Indonesia yang suka publikasi dan jarang publikasi. Saya sendiri punya nama Aditya Rakhmawan dan log in menggunakan email yang gmail. Ternyata satu-satunya di Indonesia yang publikasi atas nama itu. Padahal nama pasaran haha...
Screen shoot website sinta restekbrin

2. Sister
Sister, pencapaian karir dosen, pencapaian pendidikan, pendataan penelitian dan pengabdian, serta berbagai aktivitas penunjang dalam peningkatan karir dosen. Semua datanya diinput disini. Sepertinya semua universitas ada, saya sendiri di Untirta menggunakan akun email adityarakhmawan@untirta.ac.id untuk bisa masuknya.
Screen shoot bagian dalam sister salah satu staff Untirta

3. Publons
Publons, salah satu website lain yang suka mendata publikasi. Di website Publons ini publikasi dalam jurnal bereputasi Web of Science bisa terdata.
Alamatnya: https://publons.com/
Username yang saya gunakan: adityarakhmawan@yahoo.co.id
Hati-hati, password disini bukan hanya menggunakan angka dan huruf, tapi juga karakter seperti &,@#$%^&*()! ... Salah satu karakter harus ada dalam password. Tingkat kekuatan akunnya sedikit berlebihan saya pikir sih.
Web of Science ResearcherID: X-1520-2018
ORCID 0000-0002-6607-3582

Screen shoot saat log in Publons



Screen shoot halaman utama Publons

4. Scimago
Scimago, untuk melihat apakah suatu jurnal bereputasi atau tidak. Apakah masih scopus atau tidak. Disini tempatnya. Cari nama jurnalnya, lalu lihat spek nya. Scopus juga ada masa kadaluarsanya, jadi hati-hati dalam membeli.
Alamatnya: https://www.scimagojr.com/index.php



5. Web of Science (WoS)
Ini bisa dibilang saudaranya Scopus. 
Email yang digunakan sama dengan email yang digunakan dalam Publons. Jadi antara Publons dengan situs Web of Science, seperti dua bersaudara dengan wajah mirip.




6. Scopus



No comments:

Post a Comment