Wednesday, January 20, 2021

Kimia kontribusinya terhadap dunia kesehatan dan kedokteran

Kesehatan merupakan salah satu bidang yang menjadi kelebihan bidang kimia, atau kemajuan di bidang kimia. Dengan terobosan-terobosan di dunia kesehatan dan pengobatan, kimia akhirnya berkontribusi dalam mencegah dan mengobati penyakit. Di bidang kebersihan lingkungan, kimia dapat berkontribusi menjaga dan memfilter lingkungan dari berbagai kotoran. Misalnya dihasilkannya detektor polusi udara, dan detektor air kotor, tingkat keasamannya, dan lain sebagainya. 

https://waqi.info/id/#/c/-6.167/106.934/9.9z


Berdasarkan gambar diketahui bahwa tingkat kebersihan udara (AQI) kota Jakarta sudah mencapai nilai 115 , dimana kondisi ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang memiliki sistem pernapasan yang sensitif, misalnya seperti asma dan lain-lain. Pernah pada Juni 2019, nilai AQI kota Jakarta mencapai angka 240, dimana nilai ini masuk kategori udara sangat tidak sehat. 

 Dalam ruang operasi juga, digunakan obat bius yang digunakan oleh dokter anastesi sehingga operasi dapat berjalan tanpa membuat pasien cemas dan dokter pun bisa melakukan operasi dengan tenang. 

Vaksinasi dan antibiotik dibuat berdasarkan ilmu kimia sehingga penyebaran penyakit berbahaya dapat dicegah. Antibiotik digunakan untuk membunuh bakteri-bakteri atau parasit tertentu yang menginfeksi dalam tubuh manusia. Salah satu contoh jenis antibiotik yang paling sering digunakan masyarakat yaitu penisilin. Penisilin seringkali digunakan untuk menurunkan demam dan radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Streptococcus . Sedangkan vaksinasi digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit tertentu yang mengganggu bahkan mematikan. Beberapa orang mengenal vaksinasi sebagai imunisasi, karena berasal dari kata imun, yaitu kekebalan tubuh. Vaksin yang sudah umum digunakan misalnya vaksin polio yang seringkali digunakan pada balita. Vaksinasi yang terkini yaitu vaksin corona, seperti sinovac, novovax, pfizer, dan astrazeneca. Tanggal 13 Januari 2021 ini rencana Presiden Jokowi akan mempelopori penggunaan salah satu vaksin corona yaitu sinovac. 

Salah satu kontribusi bidang kimia dalam kesehatan lainnya itu terapi gen. Terapi ini digadang-gadang sebagai revolusi dalam industri kesehatan keempat. Sebagaimana kita ketahui, gen merupakan bagian aktif dari DNA yang berguna untuk memberikan sifat turunan dari orang tuanya. Beberapa penyakit yang berasal dari gen ini dikatakan sebagai penyakit keturunan, yang diturunkan dari orang tua ke anaknya. Beberapa penyakit keturunan ini misalnya hemofilia (darah yang sulit berhenti), buta warna, diabetes melitus, thalasemia , Alzheimer , penyakit jantung , dan lain sebagainya. Penyakit keturunan ini sebenarnya terjadi karena ada gen rusak sebagai ekspresi penyakit tertentu dalam DNA yang dibawa dari orang tuanya dan menurun pada anak keturunannya. 

Selain itu beberapa penyakit lain yang diakibatkan oleh kerusakan sebagai kecil dari gen ini seperti kanker, jantung, dan berbagai penyakit lainnya. Kerusakan sebagian kecil gen ini mengakibatkan kerusakan pada sel, jaringan, dan sebagai organ. Hal ini disebabkan organ morfologi tubuh kita merupakan ekspresi dari sekumpulan gen dalam tubuh kita. 

Dalam terapi gen, ada gen sehat, lalu gen sehat ini diberikan kepada pasien yang memiliki kerusakan gen. Dengan harapan pemberian gen sehat ini dapat menyembuhkan penyakitnya atau setidaknya meringankan penyakitnya. 

Hal ini tidak dapat dilakukan jika dokter tidak memahami tentang ilmu kimia, bahwa gen atau DNA itu terdiri atas purin dan pirimidin. Kemudian purin terdiri atas basa adenin, dan guanin, sedangkan pirimidin, terdiri atas basa sitosin, timin, dan urasil . Semuanya itu merupakan zat kimia dan memiliki sifatnya masing-masing yang khas. Dengan demikian, perlakuan seperti apa yang dapat diberikan terhadap DNA itu pun membutuhkan pengetahuan kimia yang tidak sedikit. 

Para ahli kimia dalam industri farmasi seperti dexa medica, sanbe, kalbe farma, kimia farma, biofarma, dan lain sebagainya terus berupaya menghasilkan obat-obatan yang efektif dan minim efek samping. 

Selain dalam dunia pengobatan, dunia kecantikan pun memiliki ahli kimia sendiri khususnya dalam hal perawatan kulit dan kesehatan. Outputnya adalah sama, untuk menghasilkan obat dan perawatan kesehatan yang efektif dan minim efek samping. 

Pada akhirnya, kimia dalam dunia kesehatan ini berdampak besar terhadap terpeliharanya kesehatan dan produktifitas masyarakat dalam beraktivitas dan bekerja.

No comments:

Post a Comment