Sunday, May 16, 2021

Kapal Dharma Ferry 2: Semarang - Ketapang

 Tiket kapal Jokotole dari pelabuhan Kamal ke pelabuhan Tanjung Perak (sering disebut juga Pelabuhan Perak), begitu pula sebaliknya, yaitu: 

1. Orang dewasa per orang = Rp 5.000

2. Anak-anak per orang = Rp 3.000

Gak ada informasinya definisi anak-anak disini dari usia berapa sampai berapa. 

Saat kita beli tiket kapal itu, kita juga perlu menyebutkan nama kita siapa. Mungkin untuk asuransi, barangkali tenggelam atau apa gitu, maka akan diketahui siapa aja yang jadi penumpangnya berdasarkan tiket. 

3. Orang dewasa seorang plus motor = Rp 7.000

Gak diketahui juga kenapa bisa Rp 7 ribu doank ... Apakah motor itu Rp 2 ribu? Masa motor segitu. Rasanya tiket untuk kendaraan golongan I (dibaca: satu), itu harganya Rp 5.000. 

Apakah kendaraan golongan I yang dimaksud? Apakah motor? Ataukah mobil pribadi sampai bis?

The information is still unknown. 

Di pelabuhan Tanjung Perak ada beberapa counter travel agent, dan sebagian besar sudah tutup, kecuali satu. Waktu menunjukkan sekitar pukul 4.30 sore. Jam tutup agen travel kali. Untungnya udah janjian, jadi yang satu itu tetap buka. 

Apa yang saya lakukan?

Saya beli tiket kapal Darma Lautan Utama (DLU), kapal swasta, dari Semarang ke Ketapang, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Perjalanan sekitar 2 hari satu malam. Misalkan berangkat tanggal 27 Mei 2021 jam 4 pagi. Nanti sampainya sekitar tanggal 28 Mei 2021 jam 6 sore. Nama kapal nya KM Dharma Ferry 2. Kapal lama sih. Kalau kapal-kapal baru itu kaya kapal ke Balikpapan dan ke Makasar (mungkin berangkat dari Surabaya). Itu kamar berkelasnya juga kaya kamar hotel. 

Berdasarkan informasi, kapal ini biasanya berlayar sebulan dua kali. 



No comments:

Post a Comment